Banyak pelaku usaha UMKM di Indonesia yang menjalankan usahanya secara "mengalir" saja, itu sebabnya banyak yang usahanya jalan ditempat. Melihat hal ini MARKPLUS menggandeng BRI untuk mengedukasi para pelaku UMKM untuk melakukan cara-cara pemasaran yang kreatif, karena menurut hermawan kartajaya (pendiri MARKPLUS) pemasaran adalah "roh" nya perusahaan karena tanpa pemasaran tidak akan ada produk yang dijual dan efeknya tidak akan ada yang dikerjakan oleh bagian lain.
Salah satu cara ideal untuk menambah ilmu pemasaran adalah dengan mengikuti seminar atau workshop seperti yang diselenggarakan oleh MARKPLUS Inc ini. Manfaat pertama adalah dari ilmu yang disampaikan oleh pembicara, dan manfaat lainnya adalah bisa mendapat teman baru dan bahkan bisa jualan di tempat seminar. Agar uang yang Anda keluarkan untuk biaya seminar tidak membuat Anda pusing, Anggap saja itu biaya promosi.
Banyak pembicara di seminar dan workshop yang kisah hidupnya bisa kita jadikan pelajaran dan kalau cocok dengan keadaan kita bisa kita jadikan solusi, bukankah ini hal yang efektif karena kita tidak perlu melewati kesalahan yang pernah dilakukan oleh pembicara sehingga untuk para pebisnis pemula bisa terjaga semangatnya karena tidak langsung menghadapi persoalan berat.
Nah, karena begitu pentingnya pemasaran dalam suatu usaha maka semestinya agar ideal kita harus memberi perhatian lebih ke fungsi pemasaran dalam bisnis kita. Begitu juga dengan para tenaga penjual, bila perusahaan Anda tidak memberikan kesempatan dan tunjangan untuk seminar dan workshop maka beranilah mengeluarkan uang Anda untuk ikut seminar dan workshop!.
EmoticonEmoticon