Cara Mengumpulkan Database Konsumen

Cara hidup ideal yang saya bagikan kali ini adalah tentang database, betapa pentingnya database konsumen dan salah satu cara aplikatif untuk mengumpulkannya.



Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita menyadari dulu betapa pentingnya database bagi perusahaan. Dalam keadaan ramai dan sepi pun database sangat penting. Dalam keadaan ramai kita bisa menggunakan database untuk meningkatkan volume penjualan kepada pelanggan kita, pun dalam keadaan sepi kita bisa menggunakannya untuk memancing terjadi penjualan dengan komunikasi kepada pelanggan kita melalui database yang kita miliki.
Mengumpulkan database yang berkualitas memang tidak mudah dan memerlukan pengorbanan. Memang saat ini database bisa kita beli dengan mudah, namun apakah berkualitas? Berkualitas dalam arti apakah sesuai dengan model bisnis kita?.  Menurut saya database yang berkualitas itu hanya bisa kita dapatkan dengan cara meminta kepada pelanggan maupun calon pelanggan kita namun tentunya dengan timbal balik yang pantas.
Misal, salah satu cara mengumpulkan database yang berkualitas adalah saat ada pelanggan melakukan pembelian maka kita bisa meminta data apa saja yang kita perlukan kepada mereka saat transaksi terjadi. Seperti yang pernah saya alami sendiri saat hendak menservis sepeda motor, petugas penerimaan langsung menanyakan nama, nomor hp, hobby, tanggal lahir dan alamat saya. Dari data itu saja ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, seperti tanggal lahir untuk mengucapkan selamat ulang tahun, alamat untuk mengetahui letak tempat tinggal dan hobby untuk mengetahui kesukaan pelanggan kita.
Jadi sebegitu pentingnya database pelanggan, apakah kita mau menyia-nyia kannya?
Previous
Next Post »