Infeksi Toxoplasma pada saat hamil



Adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Parasit Toxoplasma gondii bisa menghinggapi siapa saja yang daya tahan dan sistem kekebalan tubuhnya lemah. Infeksi Toxoplasma biasanya akan tidak berbahaya bila menghinggapi orang yang daya tahan dan sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik, maka sangat penting sekali kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat agar sistem dan tahan tubuh kita berfungsi dengan maksimal.
Namun bila menghinggapi janin maka parasit Toxoplasma gondii akan menjadi sangat berbahaya, cara penularannya adalah melalui sang ibu yang terkena infeksi primer (infeksi yang pertama kali dalam hidupnya).
Nah, untuk mengetahui bagaimana cara pencegahnya kita harus mengetahui dulu apa yang menjadi sumber parasit ini. Sumber parasit ini adalah :
· Tinja/kotoran kucing
· Ibu yang terinfeksi pada saat kehamilan
· Organ/donor yang terinfeksi dan
· Hewan potong yang terinfeksi
Dari sumber penularan tadi, parasit Toxoplasma gondii menyebar lewat :
· Transplantasi organ
· Transfusi darah
· Penularan dari ibu ke janin
· Kontaminasi pada mata dan atau mulut
· Sayuran dan buah-buahan yang terkontaminasi tinja (kotoran) kucing yang terinfeksi
· Daging mentah atau kurang matang
Walaupun si ibu terinfeksi Toxoplasma, belum tentu si janin juga terinfeksi. Namun bila semakin tua usia kehamilan pada saat sang ibu pertama kali terinfeksi maka semakin besar kemungkinan janin sudah tertular, dan semakin muda usia kehamilan saat sang ibu terinfeksi primer, maka semakin parah akibat yang timbul pada janin.
Oleh sebab gejalanya tidak begitu kentara dan tidak ada ciri spesifik maka disarankan siapa saja yang perlu melakukan diagnosis Toxoplasma yaitu :
· Para wanita yang akan melakukan program hamil
· Wanita yang sedang hamil yang belum pernah melakukan pemeriksaan sebelumnya atau yang hasil pemeriksaannya negatif
· Penderita yang diduga sudah terinfeksi
· Bayi yang baru lahir yang ibunya terinfeksi pada saat hamil.
Pemeriksaan bisa dilakukan di laboratorium terdekat, pihak lab. akan melakukan apa saja pemeriksaan yang dianggap perlu. Namun penting untuk saya ingatkan, lebih baik kita melakukan pencegahannya dengan membiasakan pola hidup sehat, dan jadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup.

catatan: Banyak sekali dokter yang apriori terhadap masalah ini, namun ada baiknya dalam hal mendekati gaya hidup ideal dalam hal ini sebaiknya abaikan nasehat dokter itu dan segera lakukan tes di Lab terdekat agar Anda tidak menyesal dikemudian hari. menurut saya lebih baik menghindari daripada hamil dulu kemudian bila terdeteksi ada kelainan janin baru si Dokter akan melakukan pengobatan, Anda bisa bayangkan janin Anda sudah mendapat asupan obat kimia, lalu bagaimana nanti dengan pertumbuhannya?
Semoga informasi ini berguna
Sebarkanlah informasi ini ke orang yang anda cintai
Let’s go green. Cetak info ini hanya jika memang benar-benar dibutuhkan
Previous
Next Post »