PHS (Penyakit yang ditularkan melalui Hubungan Seksual)

Sebelumnya istilah ini dikenal dengan “penyakit kelamin” atau “veneral disease” Yang sering diartikan sebagai bagian dari penyakit kulit.
Penyakit ini bisa menyebar karena kekurangpahaman, kecerobohan, dan usia kematangan seksual yang menurun. Walaupun namanya penyakit menular seksual, namun penyakit ini tidak semata-mata ditularkan melalui hubungan seksual saja melainkan bisa juga ditularkan melalui Hepatitis B dan AIDS melalui alat suntikan dan transfusi darah atau melalui benda lain.
Berikut saya informasikan beberapa jenis PHS yang banyak dikenal :
· Sifilis
Di indonesia penyakit ini terkenal dengan nama raja singa, namanya tidak sebagus akibat yang ditimbulkannya. Sebenarnya ini adalah penyakit yang berbahaya karena dapat menyerang hampir semua organ tubuh termasuk jantung dan susunan saraf otak. Dari janin sampai orang dewasa bisa terkena penyakit ini. Bila janin terkena penyakit ini dapat mengakibatkan keguguran, lahir mati atau lahir hidup dengan gejala atau baru bergejala dikemudian hari.
Infeksi ini diawali dengan benjolan kenyal yang tidak terasa sakit, kemudian terjadi pembesaran limfe dan timbul nyeri otot sendi pada malam hari, nah.. bila tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan kelainan jantung dan susunan saraf otak.
· Klamidia
Termasuk yang sulit dideteksi, gejalanya tidak khas namun dapat menimbulkan rasa nyeri pada pria pada saat buang air kecil dan pembengkakan prostat, sedangkan pada wanita ditandai dengan keputihan berwarna kuning yang disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil. Infeksi ini dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita. Infeksi yang menjalar ke saluran telur menyebabkan peradangan pada panggul yang dapat menyebabkan kehamilan diluar kandungan sehingga perlu tindakan pembedahan. Dan bila infeksi diderita ibu hamil, bayi dapat tertulari sehingga menyebabkan pneumonia, kerusakan pada mata atau bayi lahir prematur.
· Gonore
Pada pria, ditandai dengan rasa gatal, panas, nyeri sewaktu buang air kecil dan keluar nanah berwarna putih atau kuning kehijauan. Pada wanita, gejala tidak tampak dan hampir tidak menimbulkan keluhan kecuali jika infeksi sudah menjalar ke saluran kemih baru menimbulkan rasa sakit sewaktu buang air kecil serta tidak enak di bagian bawah perut. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kemandulan bila sudah memasuki daerah indung telur pada wanita atau prostat pada pria. Pada bayi, jika tidak segera diobati penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan bila dilahirkan melalui ibu yang terjangkit.
· Herpes
Disebabkan oleh virus herpes simpleks, ditandai dengan adanya gelembung pada kulit yang berkelompok dengan dasar kemerahan yang bersifat hilang timbul, kadang disertai rasa nyeri dan gatal. Biasanya penderita mengeluh karena menggigil, panas dan pusing.
Infeksi pada wanita yang sedang hamil muda dapat menyebabkan keguguran dan infeksi pada kehamilan lanjut dapat menular pada bayi dan menimbulkan gejala yang berat.
Penyakit ini memiliki sifat yang terus melekat, dimana walau secara klinis sudah dinyatakan sembuh namun sebenarnya virus masih bersembunyi dalam tubuh dan sewaktu-waktu dapat kambuh.
· AIDS
Penyakit yang paling ditakuti dengan masa tunasnya berkisar 5 sampai dengan 10 tahun. Sifatnya yang menyerang sel-sel darah putih sehingga merusak sistem kekebalan dan daya tubuh sehingga penderita mudah terserang infeksi berbagai mikroorganisme dengan gejala yang parah bahkan berakibat fatal.
Penderita penyakit AIDS yang walaupun belum menunjukkan gejala-gejalanya dapat menularkan kepada orang lain, makanya kita harus hati-hati dan selalu waspada terhadap orang-orang disekitar lingkungan kita. Penularannya dapat terjadi melalui hubungan seksual, kontak langsung dengan darah penderita dan dari ibu pada bayi.
· Hepatitis B
Peradangan hati oleh virus Hepatitis B yang penularannya melalui hubungan intim baik seks maupun hanya ciuman, darah penderita, dan juga dari ibu kepada bayinya. Gejala penyakit ini tidak spesifik sehingga sulit mendeteksinya, namun penyakit dapat membahayakan dengan timbulnya sirosis (pengerutan jaringan hati) dan kanker hati. Penyakit ini belum mencapai keberhasilan pengobatan 100% namun kabar baiknya adalah penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi
Semua penyakit tersebut berbahaya, namun pada umumnya dapat disembuhkan asal cepat diketahui dan segera diobati. Nah beberapa jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah VDRL/RPR, GO, TPHA, HBSAg, Anti HIV, dan Chlamydia lgG/M.
Semoga informasi ini berguna
Sebarkanlah informasi ini ke orang yang anda cintai
Let’s go green. Cetak info ini hanya jika memang benar-benar dibutuhkan
Previous
Next Post »