Obat Sinusitis


Membengkaknya Sinus sebagai akibat dari radang (yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus) pada lapisan dalamnya, mengganggu aliran lendir dan menimbulkan peyumbatan (akibat lndir kental dan nanah) adalah penyebab Sinusitis.
Sebelum lebih jauh marilah kita cek terlebih dahulu apa itu Sinus. Sinus adalah rongga yang ada di dalam hidung yang tentu saja berisi udara dengan beberapa fungsi seperti memperbaiki kualitas suara (orang pilek akan berbeda suara dengan orang sehat), menghangatkan udara yang masuk, mencium bebauan, dan menghasilkan lendir untuk pembersihan dan pelembaban saluran di hidung.
Cilia adalah rambut-rambut yang ada di dalam sinus, yang membersihkan lendir keluar dari sinus ke arah hidung dan tenggorokan. Nah, lendir yang tersumbat itulah yang menyebabkan sinusitis. Lendir yang tersumbat itu jumlahnya dapat bertambah apabila sudah terkena bakteri. Kemudian lama-kelamaan lendir itu akan semakin kental dan menjadi nanah, hal ini bisa terjadi karena sel darah putih yang mati saat melawan bakteri dalam lendir tersebut.
Sinus pada daerah kepala ada di atas hidung di bawah dahi dan di samping hidung (bagian kanan dan kiri). Sinus sudah terbentuk sejak manusia lahir, namun ada yang baru terbentuk setelah manusia berusia dua tahun atau lebih.
Sebelum ke obat sinusitis ada baiknya kita mengetahui apa saja tanda dan gejala sinusitis. Adapun gejala sinusitis adalah hidung berair terus-menerus, demam, sakit kepala, nyeri bila penderita membungkuk atau berbaring, sulit bernafas melalui hidung, ada lendir kental berwarna hijau atau kuning, terasa ada tekanan (nyeri) di lokasi sinus yang meradang seperti pada pipi bagian atas atau gigi, atas alis mata, di antara dua mata, terakhir di wajah bagian atas dan dapat menyebar sampai ke belakang kepala bagian bawah.
Setelah ke tanda dan gejala sinusitis, ada baiknya kita pelajari penyebab dan faktor resiko sinusitis. Setelah saya cari dari berbagai sumber ada beberapa pasien yang sinusitis nya disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran pernapasan bagian atas, reaksi hiperaktif (hidung berair terus khususnya pagi hari sebelum matahari terbit), adanya polip di hidung yang menghambat pengeluaran cairan dan memudahkan infeksi, udara dingin, asap rokok, infeksi gigi (bisa juga akibat pemasangan gigi palsu yang tidak tepat, iritasi zat kimia, menyelam atau bepergian dengan pesawat udara, infeksi oleh virus di saluran pernafasan bagian atas yang merusak sel-sel cilia sehingga pengeluaran lendir dari sinus menjadi terhambat.
Selain pengobatan sinusitis, ada beberapa perawatan untuk diri sendiri yang cukup penting untuk mengatasi sinusitis ini, seperti:
  1. Uapi sinus anda. Uap dapat mengencerkan dan memudahkan pengeluaran lendir. Uap ini bisa di dapat dari semangkuk air panas dengan handuk menutupi kepala dan mangkuk agar uapnya tidak keluar selama beberapa menit kemudian uapnya dihirup, dapat juga menggunakan steam in haler (obat hirup)
  2. Minum air secukupnya (8 gelas sehari) untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan cairan di sinus
  3. Kompres hidung, pipi, dan mata dengan kompres hangat untuk mengurangi nyeri pada wajah.
Nah, ini yang ditunggu-tunggu... obat sinusitis.
  • Tentunya antibiotik adalah obat sinusiis yang dibutuhkan karena sebagian besar sinusitis adalah akibat dari bakteri
  • Semprot hidung seperti iliadin, otrivin, afrin akan memberikan efek dalam waktu beberapa menit dan berlangsung selama 10-12 jam dengan anjuran penggunaan 3-5 hari
  • Diminum, jika kondisi tidak membaik dengan produk semprot hidung.
Bagikan pengetahuan ini kepada orang yang membutuhkan, karena pengetahuan bukanlah milik seseorang
Let’s Go Green. Cetak hanya bila memang sangat diperlukan.
Previous
Next Post »