Menjadi Investor, Maksudnya Apa ya?

Investor..hhmmm sangat familiar kedengarannya, namun banyak orang masih belum paham apa itu investor. Banyak orang menghindari untuk menjadi investor karena mereka kira menjadi investor itu adalah hal yang rumit, Anda harus membuat bermacam-macam analisa keuangan, dan Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk berinvestasi. Padahal cara hidup ideal investasi sesederhana kita mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang kelak akan memberikan kita uang kembali senilai lebih dari uang yang kita keluarkan untuk membeli sesuatu itu.

Sederhananya begini, ambil contoh seorang petani cengkeh yang membeli beberapa bibit cengkeh untuk ditanam kemudian dengan segala pengalaman dan pembelajarannya Ia menanam cengkeh itu sampai menghasilkan bibit cengkeh lagi melebihi bibit cengkeh yang sebelumnya Ia beli. Maka dapat dikatakan petani ini adalah seorang investor.

jadi jelas bukan kalau investor itu sangat berbeda dengan penjudi, perbedaanya adalah investor mengeluarkan uangnya dengan dibekali pelajaran tentang dimana Ia menempatkan uangnya sedangkan penjudi mengeluarkan uangnya tanpa mempelajari dulu dimana ia mengeluarkan uangnya namun mengharapkan uang yang dikeluarkannya akan menghasilkan uang lagi. Jika Anda bertanya bagaimana cara bertani cengkeh kepada tukang becak di terminal maka itu sama saja dengan Anda bertaruh di arena judi. Seorang investor akan berguru paling tidak kepada orang yang sudah pernah mengalami atau menjalani hal yang hendak Ia lakukan sekarang dalam hal ini iIa akan bertanya bagaimana menanam cengkeh yang baik dan sehat kepada petani cengkeh yang sudah berhasil menghasilkan cengkeh dengan kualitas baik, ini bisa dipelajari ternyata dan kita bisa mempraktekkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang diajarkan oleh orang yang sudah mengalaminya , selangkah demi selangkah. 

Lebih bagus lagi bila Anda berhasil mendapat mentoring dari orang yang sudah terbukti di bidangnya daripada belajar dari seminar-seminar yang diadakan oleh orang yang tidak berkompeten di bidangnya yang justru hidupnya dari jualan seminar .

Seorang investor akan belajar dan menguasai aturan-aturan dalam dunia investasi dengan belajar keuangan dan mengalokasikan waktu dan uangnya untuk pendidikan keuangan. Mengerti dasar-dasar investasi akan membantu Anda untuk memulai darimana Anda akan melangkah dan menjadi investor macam apa nantinya. Dan semuanya itu sangat tergantung dari pendidikan keuangan yang Anda miliki.

sumber




Previous
Next Post »