Sepuluh Langkah Untuk Bangkit Dari Keterpurukan (Keuangan)

Tidak ada cara HIDUP yang lebih ideal lagi untuk bangkit dari keterpurukan keuangan kita selain melakukan aksi nyata sekarang juga. Ya..itulah jawaban dari pertanyaan bagaimana cara bangkit dari keterpurukan keuangan kita saat ini.

Bagi pembaca yang saat ini sedang mengalami kesulitan keuangan, mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi salah satu alternatif jalan keluar.

Bila saat ini Anda berada di titik terendah kondisi keuangan Anda, maka tidak ada jalan lain lain lagi selain bergerak ke atas. Ini sisi positifnya. Anda sudah sampai di titik terendah sehingga tidak bisa turun lagi dan tidak ada jalan lain lagi selain ke atas, namun bila Anda terus menyesali keadaan keuangan Anda saat ini, berharap ada orang lain yang mau membantu, atau menunggu sebuah "keajaiban" terjadi, maka niscaya Anda akan mengalami perbaikan keuangan Anda secara sangat-sangat lambat (inipun kalau benar terjadi perubahan). 

Sama halnya seperti Bila Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada satu orangpun yang bisa membantu Anda bahkan instruktur terbaikpun tidak akan bisa membantu bila tidak ada niat yang kuat dari Anda untuk menurunkan berat badan. Niat disini maksud Saya adalah keinginan yang kuat disertai pengorbanan untuk melakukan komitmen yang Anda buat. 

Banyak orang beranggapan betapa susahnya untuk memulai sebuah aksi, berikut saya bagikan cara untuk melakukan aksi perubahan yang di populerkan oleh Kim Kiyosaki :


  1. Ciptakan kondisi pikiran yang berkelimpahan. Begitu Anda sudah memiliki kondisi pikiran positif seperti ini, maka Anda dapat memanfaatkannya untuk mencapai impian Anda, apapun itu.
  2. Anggap Ketakutan Anda adalah sebuah rintangan.  Rintangan yang bisa Anda lewati, hindari menganggap ketakutan Anda sebagai sebuah takdir atau jalan buntu karena sujatinya setiap masalah pasti ada solusinya. 
  3. Buang kata "tidak bisa" dalam kamus Anda. Yang harus Anda lakukan mencari tahu bagaimana cara melakukannya kemudian putuskan untuk melakukannya atau tidak.
  4. Pertanggunggjawabkan semua tindakan Anda. Bila diperjalanan Anda melakukan kesalahan maka belajarlah darinya dan ingatlah agar terus bertindak atau bekerja. Anda tidak perlu mencari "kambing hitam" atas semua masalah yang Anda hadapi. Lakukan, belajar dari kesalahan dan bertumbuh itu saja yang harus Anda lakukan.
  5. Ber-murah hati-lah. sadarkah Anda bahwa kita semua hidup dari kemurah-hatian mahkluk lain? makanan yang Anda makan adalah hasil dari pengorbanan para petani, bahkan lauk yang Anda makan adalah hasil pegorbanan para hewan, jadi kenapa Anda tidak ikut "berkorban" dengan berbagi dengan lingkungan sekitar tanpa mengharapkan imbal hasil ? 
  6. Jadilah Baik. Menjadi orang baik itu menguntungkan, Anda jadi punya banyak teman, dan tidak dipungut biaya apapun untuk jadi orang baik. jadi kenapa tidak menjadi baik?
  7. Ciptakan dan tetapkan Batasan-Batasan yang Sehat. Ini adalah salah satu cara untuk Anda melakukan ke-murah hatian dan menjadi baik.
  8. Teruslah Belajar. Jika Anda lakukan ini, hidup Anda akan lebih menarik karena selalu ada pelajaran baru disetiap kejadian yang Anda alami
  9. Perhatian. Perhatikanlah diri Anda, orang lain, setiap kesempatan dan kepada setiap anugrah yang Anda dapatkan di hidup Anda.
  10. Teruslah Melangkah dan jadilah Kuat. Tahukah Anda bahwa Anda bisa menjadi kuat tanpa melemahkan orang lain hanya dengan terus melangkah dan melangkah?
Demikianlah sepuluh cara yang disarankan oleh Kim Kiyosaki untuk memulai melakukan perubahan. Jadi kapan Anda akan mulai melakukannya?


Sumber
Richdad.com


  
Previous
Next Post »