Cara Mempertahankan Keberlangsungan Sebuah Organisasi

Selamat pagi pembaca setia blog sederhana ini, semoga semua pembaca dalam keadaan sehat walafiat dan selalu berada dalam lindungan Tuhan. Cara hidup ideal yang saya tulis kali ini tentang organisasi, bagaimana caranya agar sebuah oganisasi bisa bertahan lama dan terhindar dari kehancuran. 

Organisasi yang Saya maksud disini adalah sebuah perkumpulan orang-orang yang membentuk sebuah tempat untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama demi kepentingan bersama juga misalnya Negara, Perusahaan, Banjar Adat dan Ormas. Banyak sekali tulisan dan bahan pelajaran tentang bagaimana cara mengelola sebuah organisasi sehingga bisa bertahan dan tambah besar, di banyak tulisan itu dibahas bagaimana sistem yang berjalan dalam sebuah organisasi itu, bagaimana mengelola orang-orang yang berada di dalamnya dan masih banyak lagi hal lain yang dibahas. 

Tentu saja semua pendapat tadi layak dijadikan acuan untuk mempertahankan sebuah organisasi. Dan pada kesempatan ini izinkan Saya menyampaikan pendapat Saya tentang bagaimana cara hidup ideal mempertahankan sebuah organisasi. 

Menurut Saya cara yang paling sederhana namun sangat-sangat ampuh untuk mempertahankan sebuah organisasi adalah dengan menciptakan sebuah iklim dimana orang-orang di dalamya berani melakukan hal-hal yang benar. Melakukan hal-hal yang benar ini dimulai dari berpikir yang benar kemudian hasil lanjutan dari berpikir yang benar ini adalah berbicara yang benar dan akhirnya akan bertindak yang benar. Iklim ini harus ada karena begitu ada ketidakbenaran yang berpotensi menghancurkan organisasi maka orang-orang benar ini akan segera bertindak. 

Bagaimana caranya supaya iklim "benar" ini tercipta? caranya mudah, harus berani..ya cuma satu itu.. BERANI, begitu ada hal tidak benar yang berpotensi menghancurkan organisasi beranilah setidaknya bicara benar. Paling tidak sebanyak 70% saja ada orang berani benar maka sudah dipastikan perjalanan organisasi akan bertahan lama. Kenapa 70%? sebab benar ini tidak bisa dilakukan sendiri, karena bila dilakukan sendiri akan mudah untuk dipatahkan oleh orang-orang tidak benar. 

Survey yang dilakukan oleh banyak lembaga psikologi membuktikan bahwa manusia cenderung lebih mudah untuk mengikuti hal-hal yang tidak benar daripada yang benar, untuk itu semua orang dalam organisasi harus juga dilengkapi dengan pemahaman yang benar sebagai filter awal untuk menyaring hal-hal yang negatif.

Nah, pertanyaannya kemudian? apa itu kebenaran, bukahkan kebenaran itu relatif? dari sudut pandang orang-orang tidak benar itu bisa saja apa yang mereka lakukan iu mereka benar. Lalu bagaimana? jawabannya sederhana, setiap manusia pasti memiliki hati nurani dimana Tuhan bersemayam didalamnya, jadi begitu Anda bingung sesuatu itu benar atau salah segera tanyakan ke hati nurani Anda.       




Previous
Next Post »