Perang Dengan Senjata Api, Siapa yang Diuntungkan?

PErang...

Sebuah kata yang dihindari hampir semua orang, namun hampir semua orang mau melakukannya. Aneh kan sidang pembaca? hal yang dibenci oleh banyak orang namun di satu sisi mau dilakukan oleh banyak orang.. bahkan tanpa bayaran. 

Awalnya saya juga bingung, namun saat merenung beberapa menit tiba-tiba terlintas tentang sifat serakah manusia. Ya, sebabnya adalah sifat serakah manusia.. sifat mau menang sendiri yang tidak dikelola dengan benar. Maraknya keributan akhir-akhir ini di banyak tempat di belahan dunia membuat saya kembali merenung karena menyadari penyebab keributan (perang) adalah sifat serakah manusia, sifat yang mau untung sebesar-besarnya. Saya merenung dan mencari-cari siapa ya kira-kira yang diuntungkan oleh perang ini? sebab pasti ada pihak yang diuntungkan oleh perang apalagi akhir-akhir ini banyak beredar informasi-informasi palsu yang memancing kemarahan.

Agama
adalah sebuah organisasi tempat suatu ajaran tumbuh dan berkembang. Dan di organisasi yang bernama agama ini banyak orang rela mengorbankan nyawa-Nya dan Nyawa orang lain demi membela nya. 

Bahkan, belakangan Agama menjadi sebuah organisasi yang sangat sensitif, gampang di politisasi dan sangat-sangat gampang untuk digunakan memancing kemarahan para pemeluknya 
Dengan penilaian yang masih sangat subjektif dan dalam keterbatasan, saya mengaitkan kedu hal tadi. Perang dan Agama. Lalu maksudnya apa?


cara hidup ideal

Maksud saya adalah pihak yang diuntungkan oleh perang akan menggunakan isu agama untuk menciptakan terjadinya pasar (perang). Lalu siapa yang diuntungkan oleh pasar (baca: perang) ini, logika saya berkata pihak yang diuntungkan oleh perang adalah para pebisnis senjata api..

cara hidup ideal


Keyakinan saya semakin kuat saat berkesempatan menonton film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini. Film :"Lord Of War" dan "War Dogs". Kedua film ini bertutur secara apik dan menarik tentang peperangan dan bagaimana bisnis senjata berperan di dalamnya. Film ini membuat saya menyadari betapa hebatnya para pebisnis senjata ini menciptakan isu-isu untuk terjadinya peperangan.

Belajar dari hal ini menurut saya layak untuk kita renungkan kembali bila ada hal disekitar kita yang terlihat menyerang Agama kita, jangan-jangan ini ulah para pebisnis senjata.

bagaimana dengan Anda?
Previous
Next Post »